• Terbaru

    Jumat, 13 Maret 2015

    Peran KUA dalam Pembangunan di Kecamatan

    Martapura – Humas, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sambung Makmur Kab. Banjar, Selasa (03/02/15) diselenggarakan untuk membahas dan menyepakati hasil-hasil Musrenbang dari tingkat desa/kelurahan yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan, membahas dan menetapkan kegiatan prioritas pembangunan di tingkat kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa/kelurahan dan melakukan klasifikasi atas kegiatan prioritas pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi SKPD Kabupaten. Adapun dalam menyusun program dan kegiatan yang akan diusulkan diharapkan untuk mengacu pada program dan kegiatan prioritas berdasarkan RPJMD 2015-2019.
    Hadir dalam Musrenbang tersebut adalah Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh, Kakan. Kemenag Banjar diwakili oleh Drs. H. Izzuddin, M.Ag (Kasi PAIS), Kapolsek, Danramil, Kepala KUA Sambung Makmur Edy Kahayanto, S.Sos, Kepala Bappeda Banjar, Beberapa Kepala Dinas/Badan/Kantor di Lingkungan Pemkab Banjar, Ka UPTD se Kec. Sambung Makmur, dan para undangan lainnya
    Sebagai Instansi Lintas Sektoral, Kementerian Agama Kabupaten Banjar dalam kesempatan pertemuan pada Musrenbang Kecamatan Sambung Makmur Drs. H. Izzudin M.Ag,  menyatakan Pembangunan yang dilaksanakan saat ini tidak terlepas dari pembangunan mental dan spiritual yang berbasis keagamaan. melalui program pendidikan agama dan keagamaan, Kemenag turut mencerdaskan kehidupan bangsa, pemberdayaan lemabga penddidikan agama dan peningkatan kualitas pendidikan keagamaan telah mengalami banyak kemajuan seiring dengan tuntutan perkembangan zaman.
    Drs. H. Izzuddin, M.Ag, menegaskan bahwa sebagai pelaksana di lapangan dan sebagai ujung tombak pelayanan, pembinaan dan penyuluhan SDM peran KUA menjadi sangat penting dan menjadi kunci keberhasilan. Kualitas pelayanan, pembinaan dan penyuluhan sangat tergantung pada kemampuan dan keahlian para petugas secara teknis maupun kemampuan lain yang bersifat intersektoral, multidisipliner, dan berpikir komprehensif. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia merupakan peningkatan kapasitas individu dalam mengemban beban tugas masing-masing dalam organisasi. Peningkatan profesionalisme merupakan upaya peningkatan kinerja berkait dengan kesetiaan, logika dan etika.
    KUA sebagai perpanjangan tangan dari Kementerian Agama bukan hanya melayani administrasi pernikahan, tetapi juga memberikan pelayanan dan pembinaan wakaf, zakat, bimbingan perkawinan, bimbingan haji, kemitraan umat dan keluarga sakinah. “Institusi KUA harus mampu berperan sebagai pelaksana fungsi manajemen dalam bidang pembinaan umat dan pelayanan administrasi keagamaan secara menyeluruh serta melakukan kajian/analisis dalam rangka pengendalian perencanaan yang telah dirumuskan,” terang Izzuddin (Rep:asybary/Ft:izdn)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Peran KUA dalam Pembangunan di Kecamatan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top