• Terbaru

    Jumat, 13 Maret 2015

    Penanaman Pohon Menuju Madrasah Adiwiyata

    Martapura-Tsamodra: MTsN Model Martapura (Tsamodra) berbenah untuk menuju Madrasah Adiwiyata Selasa (17/02/15). Mengingat MTs Negeri Model Martapura merupakan salah satu madrasah di Kabupaten Banjar yang selalu peduli terhadap lingkungan. Visi tersebut diwujudkan dalam proses pembelajaran dengan pengintegrasikan sebagian besar mata pelajaran dengan melaksanakan pelestarian fungsi lingkungan hidup, mengendalikan pencemaran, kerusakan lingkungan madrasah dan sekitar.
    Dalam upaya melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, maka MTs Negeri Model Martapura berupaya keras untuk menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri. 
    Untuk itu, madrsah melakukan berbagai macam upaya yang dilakukan secara runtut dan berkesinambungan. Diawali dengan penyusunan Visi dan Misi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan oleh stak holder (pihak-pihak yang terkait), dilanjutkan dengan penyusunan silabus dan rancangan program pembelajaran oleh masing-masing Guru, serta dilanjutkan penyusunan program pengembangan diri oleh para penanggung jawab. 
    Upaya madrasah dalam meningkatkan usaha sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup tercermin dalam Visi dan misi berwawasan lingkungan, Renstra jangka pendek, menengah dan jangka panjang, Pengembangan kurikulum bebasis lingkungan, Program kegiatan madrasah baik intra maupun ekstra, Kerja sama lintas sektoral dengan instansi terkait dalam rangka pelestarian lingkungan. 
    Untuk memperlancar kegiatan madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan maka diperlukan pembinaan, pemantauan dan evaluasi adriministrasi terkait secara berkala, berjenjang dan berkelanjutan. Langkah awal yang dilakukan oleh pihak MTsN Model adalah melaksanakan kerjabakti penanaman pohon dan tanaman hias dalam toga.(Rep.Ft. Alexs)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Penanaman Pohon Menuju Madrasah Adiwiyata Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top