• Terbaru

    Jumat, 13 Maret 2015

    Efektifitas Pengawasan Sekolah Dasar di Kecamatan Karang Intan

    Martapura – Humas, Pengawas Pendidikan Agama Islam Kemenag Banjar Mustain Billah Al Alabiy Kamis (12/02/15) melakukan kunjungan dan pengawasan ke SDNPenyambaran Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Pengawasan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Pengawas ke sekolah-sekolah sesuai dengan wilayah yang menjadi sasaran masing-masing pengawas.
    Mustain Billah dalam kesempatan tersebut mengatakan, Profesionalisme dan akuntabilitas guru merupakan sesuatu keharusan dalam meningkatkan mutu keluaran. Pengawasan pendidikan merupakan bagian tidak terpisahkan dalam upaya peningkatan prestasi belajar dan mutu sekolah. Pelaksanaan pengawasan terkandung fungsi pemantauan yang diarahkan untuk melihat apakah semua kegiatan berjalan lancar dan semua sumberdaya dimanfaatkan secara optimal, efektif dan efisien. 
    “Pengawasan ini berusaha untuk memonitoring seberapa tinggi intensitas pengawas sekolah mempengaruhi peningkatan kualitas guru kelas. Kemudian faktor-faktor apa yang mempengaruhi kebijakan pengawas dalam meningkatkan kualitas guru kelas pada Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Karang Intan,” kata Mustain.
    Dijelaskan Mustain Billah, intensitas pengawas sekolah dalam melaksanakan kegiatan pengawasan dilakukan 1 sampai 2 kali secara rutin setiap bulan yang diwujudkan dalam dua macam bentuk kegiatan yaitu kegiatan penilaian dan kegiatan pembinaan. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas guru kelas diantaranya adalah faktor komunikasi, sumber daya, disposisi pengawas sekolah dan struktur birokrasi. 
    “Faktor-faktor yang paling memberikan kontribusi dalam pelaksanaan kebijakan pengawas sekolah adalah faktor komunikasi, disposisi pengawas sekolah dan struktur birokrasi. Sedangkan faktor sumber daya, ternyata hanya sampai pada tataran “cukup memadai” terutama faktor anggaran dalam membiayai pelaksanaan kebijakan pengawas sekolah,” jelas Mustain.  (Rep: asybary/Ft:musbil)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Efektifitas Pengawasan Sekolah Dasar di Kecamatan Karang Intan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top