• Terbaru

    Jumat, 13 Maret 2015

    Ulangan Harian Tidak Lagi Menakutkan

    Martapura – MIN Sei lulut, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut melaksanakan Ulangan Harian Rabu (04/02/15), sebagai salah satu kegiatan evaluasi hasil pembelajaran yang menjadi bagian terpenting dalam Standar Penilaian Pendidikan Nasional. Ulangan Harian biasa dilakukan oleh guru untuk mengumpulkan nilai siswa. Tujuan dari ulangan harian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami Standar Kompetensi tertentu.
    Haderi, S.Pd.I, Kepala MIN Sungai Lulut mengatakan ulangan Harian biasanya menjadi momok bagi siswa. Jika guru memberitahukan untuk ulangan, terkadang siswa menganggap ulangan adalah sesuatu yang menakutkan. 
    “Ketika tiba saatnya ulangan, terkadang siswa meminta waktu untuk belajar terlebih dahulu kira-kira 10 menit. Ada juga yang meminta ulangan diundur minggu depan. Serta banyak juga alas an lain yang intinya anak-anak tidak mau mengikuti ulangan,” ungkap Haderi.
    Haderi menambahkan, kegiatan ulangan harian ini, siswa tidak diperbolehkan untuk membuka buku. Siswa merasa takut nanti tidak dapat mengerjakan soal ulangan. Belum lagi, siswa terkadang merasa tertekan untuk mengikuti ulangan harian. Mereka khawatir jika nilainya jelek dan harus mengikuti remedi. “Namun ada juga siswa yang serius dalam menghadapi ulangan harian. Beberapa di antaranya mempersiapkan diri dengan belajar serius. Mengulangi pelajaran yang telah diikuti,” tambah Haderi.
    Jika hal tersebut tejadi, maka dapat diartikan proses pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran konvensional. Ulangan harian yang dilakukan pun juga masih bersifat konvensional. “Tidak demikian halnya yang terjadi hari ini, semua siswa tenang tidak ada tergambar rasa takut dan semuanya kelihatan sudah siap menghadapi ulangan harian,” terang Haderi. (Rep. asybary:Ft. Hdr)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Ulangan Harian Tidak Lagi Menakutkan Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top