• Terbaru

    Jumat, 13 Maret 2015

    Kerukunan Pasca Haji Jarwal Taisir Al Rawasi Terbentuk

    Martapura-Humas, Kepala Kantor Kementerian Agama Banjar, Minggu (15/02/15) melakukan pembinaan Pasca Haji yang di rumah H. Zainuddin, Jl. Dahlia I Sungai Sipai Martapura. Kegiatan pertemuan Pasca haji yang digagas dalam sebuah Kerukunan Pasca Haji 2013 Kabupaten Banjar dengan memilih nama KPH Jarwal Taisir Al Rawasi. Pertemuan dilaksanakan sebulan sekali dengan bergiliran diisi dengan pembacaan surah Yasin dan diteruskan dengan pembinaan/tausiah 
    Kepala Kankemenag Banjar Drs. H. Muslim, M.Pd.I dalam pembinaan tersebut menyampaikan bahwa Pemahaman jamaah tentang haji mabrur perlu terus-menerus ditingkatkan antara ibadah haji dengan perilaku sesudahnya sangat terkait, terutama dalam kesalehan sosial.
    H. Muslim mengatakan dalam sebuah hadits dikemukakan bahwa salah satu ciri mabrur adalah memberikan makanan (meningkat kepeduliannya) pada orang-orang yang membutuhkan dan ucapannya semakin baik. Dalam riwayat lain dikemukakan bahwa haji mabrur itu adalah bertambah baik perilakunya dibanding dengan sebelumnya dan menjadi panutan bagi masyarakat dilingkungannya.
    Dikatakan pula oleh H. Muslim, pelayanan terhadap jamaah haji perlu terus-menerus ditingkatkan, sehingga jamaah merasa mendapatkan kenikmatan dan kenyamanan dalam melaksanakan ibadahnya. Kondisi psikologis ini akan menyebabkan jamaah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap komunitas yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji.
    “Pembinaan yang terarah dan kontinu dengan manhaj yang jelas, kata H. Muslim, perlu dilakukan terhadap jamaah haji dengan bimbingan yang terpadu dan melibatkan berbagai unsur dalam masyarakat. Koordinasi dan kerjasama antar berbagai unsur tersebut harus dilakukan,” ungkapnya. (Rep:asybary/Ft:Mslm)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Kerukunan Pasca Haji Jarwal Taisir Al Rawasi Terbentuk Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top