• Terbaru

    Jumat, 13 Maret 2015

    Polda Kalsel Imbau Masyarakat Cegah Radikalisme ISIS

    Martapura – Humas, Polda kalsel gelar Sosialisasi Dalam rangka Peningkatan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Untuk Mencegah Masuknya Faham Radikal (ISIS) di Prov. Kalsel.
    Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Banjar Sultan H. Khairul Saleh, Jumat (13/02/15) yang bertempat di Masjid Bun Yamin Ponpes Ushuluddin Desa Tambak Anyar Kecamatan Martapura Timur.
    Bupati Banjar dalam sambutannya mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Banjar yang saat ini sangat religius kiranya jangan terpengaruh oleh faham dan ajaran yang sifatnya mengarah kepada kekerasan.
    Kemudian arahan dari Kepala Bakesbangpol Kab. Banjar Drs. Syahda Mariadi, M.Si mengatakan bahwa pasca reformasi yang ditandai dengan terbukanya kran demokratisasi, telah menjadi lahan subur tumbuhnya kelompok Islam radikal. Fenomena radikalisme di kalangan umat Islam seringkali disandarkan dengan paham keagamaan, sekalipun pencetus radikalisme bisa lahir dari berbagai sumbu, seperti ekonomi, politik, sosial dan sebagainya. 
    Radikalisme yang berujung pada terorisme menjadi masalah penting bagi umat Islam Indonesia dewasa ini. Dua isu itu telah menyebabkan Islam dicap sebagai agama teror dan umat Islam dianggap menyukai jalan kekerasan suci untuk menyebarkan agamanya. Sekalipun anggapan itu mudah dimentahkan, namun fakta bahwa pelaku teror di Indonesia adalah seorang Muslim garis keras sangat membebani psikologi umat Islam secara keseluruhan.ungkap Syahda.
    Kepala kantor Kementerian Agama Kab. Banjar, Drs. H. Muslim, M.Pd.I, dalam materi yang disampaikan, menyampaikan bahwa keterlibatan berbagai pihak dalam menangani masalah radikalisme dan terorisme sangat diharapkan. Tujuannya adalah untuk mempersempit ruang gerak radikalisme dan terorisme, serta kalau perlu menghilangkan sama sekali. Dalam konteks di atas, peran sekolah dan lembaga pendidikan sangat penting dalam menghentikan laju radikalisme Islam. Pendidikan dan lembaga pendidikan sangat berpeluang menjadi penyebar benih radikalisme dan sekaligus penangkal.
    Islam radikal. Studi-studi tentang radikalisme dan terorisme mensinyalir adanya lembaga pendidikan Islam tertentu (terutama yang nonformal, seperti pesantren) telah mengajarkan fundamentalisme dan radikalisme kepada para peserta didik. Belakangan, sekolah-sekolah formal juga mulai mengajarkan elemen-elemen Islam radikal, misalnya mengajarkan kepada murid untuk tidak menghormat bendera Merah Putih saat upacara bendera.
    Diakhir materi, H. Muslim mengajak kepada semua partisipan untuk memerangi Radikalisme (ISIS) yang disambut spontan oleh partisipan dengan serentak mengatakan“Siap memerangi ISIS”.(Rep.asybary.Ft.zahid)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Polda Kalsel Imbau Masyarakat Cegah Radikalisme ISIS Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top