• Terbaru

    Selasa, 17 Maret 2015

    Menggali Potensi Siswa Lewat Rudat

    Martapura-Tsamoedra, Dalam rangka untuk meningkatkan bakat kreatifitas siswa, MTsN Model Martapura (Tsamoedra) mengadakan Ekstrakurikuler Rudat setiap Sabtu pada pukul 14.00 – 16.30 wita di Musalla Tsamoedara. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah bakat siswa di dalam kesenian dan menambah pengetahuan tentang tari-tarian islami lainnya, tarian ini berasal dari Timur tengah, tepatnya turki. 
    Kegiatan Ekskul ini didirikan pada tahun 2007 yang dulunya Tsamoedara di pimpin oleh Drs. H. Zarkasi dan terus dikembangkan sampai sekarang kepemimpinan Drs. Abdullah, sekolah terinspirasi untuk menampilkan tarian-tarian bernuansa islami dan sudah sering ditampilkan ketika acara penyambutan tamu, Peringatan HBI dan acara perpisahan kelas IX setiap tahunnya.
    Untuk mengikuti perkembangan kesenian tari rudat, juga di kombinasi dengan lagu-lagu  sholawat yang dilantunkan Haddad Alwi, Sulis atau Mayada penyanyi dalam Negeri sendiri dan mencoba lebih banyak mengeksplore gerakan-gerakan baru.
    Kegiatan latihan rudat ini di bimbing langsung oleh Wahyu Fitriani, S.Pd. Tarian ini lebih banyak menggunakan gerakan-gerakan tangan dan kepala, dengan diiringi rebana dan pembacaan syair-syair maulid. “Kegiatan ini tidak terlalu sulit yang dirasakan para siswa karna tiap gerakan diajarkan secara perlahan dari gerakan lambat sampai cepat,” kata  Ayu, Sabtu (14/03/15).
    Eskul rudat ini mengunakan syair-syair maulid Nabi dan shalawat untuk mengiringi 13 gerakan rudat. ” Kami harus lebih giat berlatih untuk tampil dalam acara-acara tetentu seperti, perpisahan, maulid Nabi, Isra mi’raj, dan acara keagamaan lainnya di sekolah ataupun untuk mengikuti lomba-lomba yang ada,” ungkap Nailul Muna salah satu peserta latihan.(Rep:humas/Ft:Alex)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Menggali Potensi Siswa Lewat Rudat Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top