• Terbaru

    Jumat, 04 Juli 2014

    Pengembangan Model Pembelajaran PAI Bagi Guru TK

    Martapura – Humas, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar melaksanakan Kegiatan Pengembangan Model Pembelajaran PAI Bagi Guru TK se Kabupaten Banjar Tahun 2014 yang dilaksanakan di aula PSBB Indrasari Martapura, Rabu (25/06/14) kemarin.
    Dalam hal ini Drs. H. Izzuddin, M.Ag (Kasi PAIS) sebagai panitia pelaksana dalam laporannya sebelum membuka acara secara resmi menyampaikan bahwa proses belajar mengajar pendidikan agama Islam pada sekolah berbeda dengan proses belajar mengajar pada mata pelajaran lain. Hal ini karena, Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang tidak hanya mengantarkan peserta didik dapat menguasai berbagai kajian keislaman, tetapi  PAI lebih menekankan bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran agama Islam yang telah didapat di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, PAI tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja, tetapi yang lebih penting adalah pada aspek afektif dan psikomotornya.
    “Mata pelajaran pendidikan agama Islam yang diajarkan dalam kelas, ketika tidak memberikan pengaruh dalam perkembangan peserta didik, maka sesungguhnya proses pembelajaran PAI di sekolah tersebut telah gagal,” tegas Izzuddin.
    Oleh karena itu, Izzuddin menambahkan, seorang guru harus kreatif dalam mengemas materi pelajaran agar pendidikan agama Islam mudah dipahami dan tidak menjenuhkan. 
    Di hadapan para peserta kegiatan yang terdiri dari guru PAI  pada TK yang berjumlah 50 orang, Izzudin berharap agar seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan serius dan aktif.  “Di samping mendengarkan paparan materi, para peserta juga diharapkan dapat berpartisipasi secara aktif,” Imbuhnya.
    Dengan begitu guru dapat berkontribusi untuk memperkaya media pengajaran, mengelaborasi sebuah model pembelajaran yang didasarkan pada pengalaman mengajar masing-masing, yang berupa desain model pembelajaran. (Rep/Ft: Zahid)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Pengembangan Model Pembelajaran PAI Bagi Guru TK Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top