• Terbaru

    Senin, 13 Januari 2014

    MTsN Model Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW



    Humas, Banjar - Maulid Nabi adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang dimasyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara substansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.
    Peringatan Maulid Nabi pertama kali dilakukan oleh raja Irbil (wilayah Iraq sekarang), bernama Muzhaffaruddin al-Kaukabri, pada awal abad ke 7 hijriyah. Ibn Katsir dalam kitab Tarikh berkata: “Sultan Muzhaffar mengadakan peringatan maulid Nabi pada bulan Rabi’ul Awwal. Beliau merayakannya secara besar-besaran. Beliau adalah seorang yang berani, pahlawan, alim dan seorang yang adil.
    Dari sekilas sejarah tersebut, MTsN Model Martapura juga tidak ketinggalan untuk merayakan Maulid Nabi SAW (Sabtu, 11 Januari 2014/ 9 Rabiul Awal 1435 H, kali ini perayaan bertemakan “Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammas SAW, mari kita Tingkatkan Taqwa Kepada Allah SWT, dan Berakhlakulkarimah dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”.
    Peringatan Maulid Nabi ini terlaksana berkat kerjasama antara pengurus OSIS dan Kesiswaan yang direncakanakan dangan matang, selanjutnya pembacaan rawi dan syair-syair maulid sepenuhnya dilaksanakan oleh Grup Maulid MTsN Model Martapura, baik putra dan putri, mereka memang disipkan dari awal, baik pembaca rawi, syair maupun pemain terbang.
    Adapun undangan yang berhadir dari pengurus komite MTsN Model Martapura, dari Kementerian Agama Pokjawas Drs. Abdul Ghoni sekaligus sambutan mewakili Kepala Kementerian Agama Kab. Banjar yang tidak bisa berhadir karena ada urusan lain, juga berhadir seksi Mapinda Kemenag Banjar Drs. Dimiyati dan beberapa undangan lainnya dari Osis sekolah lain.
    Drs. Abdullah Selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Martapura dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para undangan yang dapat berhadir, dewan guru beserta staf tata usaha yang ikut aktif mengikuti peringatan Maulid ini, dan Beliau berpesan sekaligus member tugas kepada siswa-siswi MTsN Model Martapura, agar mencatat hal-hal penting dalam penyampaian caramah dalam peringatan maulid ini, dan hasil catatannya dikumpul langsung ke wali kelas seusai acara ini dilaksanakan untuk diberi nilai, dan dikembalikan kembali hasi catatannya sebagai bahan kajian dirumah. Selanjutnya acara puncak diisi dengan ceramah oleh Ustad H. Ahmad Supyan S.Ag dari Banjarmasin, beliau menjelaskan tentang awal peristiwa lahirnya Nabi hingga keistimewaan yang dimiliki Nabi Muhammad SAW, selanjutnya acara ditutup dengan membaca do’a. (@lx/Tsamoedra)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: MTsN Model Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top