• Terbaru

    Senin, 08 September 2014

    Penyelenggara Syari'ah : Teknologi Modern Untuk Membantu Umat Muslim

    Martapura – Humas, Untuk memberikan kepastian bagi umat Islam dalam menentukan arah kiblat secara benar serta untuk meningkatkan kwalitas pelayanan kehidupan beragama bagi seluruh lapisan masyarakat, menyamakan persepsi tentang arah kiblat dan meningkatkan pengetahuan bagi Kepala KUA dan pengurus masjid dalam menentukan arah kiblat, maka melalui Penyelenggara Syari’ah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar melaksanakan Kegiatan Bimbingan Penentuan Arah Kiblat se Kabupaten Banjar Tahun 2014 yang dilaksanakan di aula PSBB MTsN Model Martapura, Kamis (04/09/14). Peserta terdiri dari 70 orang terbagi atas 16 orang dari unsur KUA dan 54 orang Pengurus Masjid/Langgar.
    Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar yang dalam hal ini diwakili oleh Penyelenggara Syari’ah H Imam Ghozali SAg saat membuka kegiatan ini menyampaikan seiring perkembangan zaman, sudah banyak teknologi modern untuk membantu umat muslim menentukan arah kiblat, salah satunya yaitu alat modern yang bernama theodolit.
    “Theodolit merupakan alat canggih yang dapat digunakan untuk menentukan arah kiblat. Theodolit digunakan untuk mengukur sudut secara mendatar dan tegak, dengan akurasi yang cukup tinggi untuk menentukan kiblat masjid ataupun mushola,” kata H Imam.
    H Imam menambahkan, kendati alat theodolit dapat menentukan arah kiblat dengan tepat, namun penggunaan alat tersebut tidak mudah, harus digunakan oleh ahlinya. Selain dengan thedolit bisa dilakukan dengan kompas atau yang lainnya.
    Beliau juga menyambut baik dan sangat berharap kepada semua peserta yang hadir dalam kesempatan ini untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan mengikuti acara yang diagendakan menyangkut permasalahan tentang arah kiblat.
    Ahmad Zabidi SAg dalam laporan panitia penyelenggara menyampaikan bahwa narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari Kantor Kementerian Agama Kab. Banjar, STAI Darusslam Martapura serta IAIN Antasari. (Rep: Aan / Ft: Zahid)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Penyelenggara Syari'ah : Teknologi Modern Untuk Membantu Umat Muslim Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top