• Terbaru

    Kamis, 13 Februari 2014

    Pengurus MGMP Madrasah Kab. Banjar Adakan Musyawarah Besar

    Banjar, Humas - Kurang lebih 142 guru MTs hadiri musyawarah besar MGMP Madrasah se Kab. Banjar yang dilaksanakan di Aula PSBB MTsN Model Martapura, Senin (10/2014) kemarin. Musyawarah besar MGMP ini mengangkat tema “Melalui MGMP Kita Tingkatkan Kualitas, Profesionalisme dan Kinerja Guru Sebagai Pendidik“.
    Pertemuan ini dihadiri oleh guru-guru MGMP PAI dan Umum yang terdiri dari 7 Sekolah MTs Negeri dan 49 MTs Swasta di Kab. Banjar,  untuk MGMP PAI terdiri dari Mata pelajaran Fiqih, Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Bahasa Arab dan SKI, untuk MGMP Umum terdiri dari mata pelajaran IPS, IPA, PKn, B. Indonesia, B. Inggris, Matematika, Seni Budaya dan BP/BK.
    Pertemuan musyawarah MGMP ini  turutdihadiri oleh Kasi Mapenda Madrasah Akhmad Saufi, S.Ag, Ketua Pokjawas Drs. Abdul Ghani, M.Pd, Ketua K3MTs Kab. Banjar Drs. Abdullah dan Seksi Kurikulum  K3 MTs Sasi Hermanto, M.Si Ketua MGMP PAI.
    Dra. Hj. Noordiana sekaligus mewakili Ketua MGMP Umum Sarlubi, S.Pd dalam sambutannya mengatakan, pertemuan Musyawarah besar ini tidak lain adalah untuk menguatkan silaturrahmi dan bersama-sama merumuskan tujuan pendidikan untuk mencapai hasil yang maksimal bagi anak didik. Tanpa adanya kegiatan MGMP akan membuat sulit bagi guru untuk mencapai keberhasilan belajar peserta didik.
    “Selain itu MGMP adalah suatu wadah Organisasi yang menyamakan Visi dan Misi, kualitas keilmuan, kulaitas mengajar/kinerja guru dan menghindarkan dari kesalah pahaman sehingga terbentuklah satu kesatuan dan kedamaian diatara kita dalam dunia pendidikan,” ungkap beliau.
    Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Akhmad Saufi, S.Ag mengatakan, Sebagaimana diketahui, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) merupakan suatu forum atau wadah profesional guru mata pelajaran yang berada pada suatu wilayah kabupaten/kota/kecamatan/gugus sekolah. Ruang lingkupnya meliputi guru mata pelajaran pada MTs Negeri dan Swasta, baik yang berstatus PNS maupun swasta.
    “Prinsip kerjanya adalah cerminan kegiatan “dari, oleh, dan untuk guru” dari semua sekolah. Atas dasar ini, maka MGMP merupakan organisasi nonstruktural yang bersifat mandiri, berasaskan kekeluargaan, dan tidak mempunyai hubungan hierarkis dengan lembaga lain,” terang Saufi.
    Selain itu Drs. Abdul Ghani, M.Pd selaku Pokjawas juga dalam sambutannya mengatakan, diadakannya kegiatan MGMP ini untuk memotivasi guru guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan diri sebagai guru professional.

    Adapun yang menjadi pokok pertemuan MGMP guru PAI maupun Umum tersebut yaitu pemilihan ketua MGMP permata pelajaran masing-masing, dan menyusun program kerja kedepan. (@lx)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Pengurus MGMP Madrasah Kab. Banjar Adakan Musyawarah Besar Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top